Belajar Matematika dari Guru Les Privat Matematika Ke Rumah

Sebagai seorang Guru Les Privat Matematika & Guru Matematika di Sekolah, Setiap kakak menjelaskan latar belakang pendidikan yang berasal dari Fakultas Matamatika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), banyak sekali orang yang berpendapat bahwa kakak adalah orang pintar karena menurut mereka matematika adalah pelajaran yang sulit. Dari pengalaman kakak sebagai Guru Les Privat ke Rumah & guru matematika di sekolah pun banyak sekali anak didik kakak yang tidak menyukai pelajaran matematika. Padahal pada faktanya, mungkin kakak tidak sepintar yang orang kira. Namun menurt kakak matematika tidaklah sesulit yang kalian pikirkan.

Matematika adalah ilmu yang abstrak, artinya sulit untuk dipegang, dirasakan, dan dilihat. Jadi Guru matematika harus menyampaikan materi dengan cara kreatif dan menarik. Namun tidak semua guru di sekolah mempunyai kemampuan tersebut sehingga berdampak anak tidak menyukai matematika.  Padahal matematika adalah ilmu yang sangat dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari.
Menurut kakak sebagai pengajar atau Guru Les Privat Matematika Agar matematika menjadi pelajaran yang mudah dipahami ada beberapa tips: 

1. Tumbuhkan rasa cinta pada matematika.
Agar rasa cinta itu tumbuh pastinya terlebih dahulu harus berkenalan dengan matematika. Apa itu matematika, apa keguaaannya dalam kehidupan sehari. Tanamkan dalam pikiran bahwa matematika itu menyenangkan dan menarik. Ketika rasa cinta itu telah muncul, maka soal sesulit dan serumit apapun akan mudah untuk dipelajari. 

2. Gunakan cara kreatif dan menarik
Banyak cara menarik dan kreatif dari guru les privat seperti  menggunakan  mainan. tiga mobil jalan kemudian satu mobil mogok tinggal berapa mobil yang jalan, Menggunakan anggota tubuh untuk menghitung jumlah mata kita dengan jari, menggunakan benda-benda yang ada disekitar rumah untuk belajar bentuk benda seperti pintu untuk persegi panjang, roda sepeda untuk lingkaran dan botol minuman untuk bentuk tabung, memanfaatkan teknologi seperti computer, handphone atau tablet. Banyak sekali edukasi atau permainan yang berhubungan dengan matematika. 

3. Rajin belajar dan banyak berlatih.
Tidak perlu menghabiskan waktu seharian untuk belajar matematika. Cukup  satu atau dua jam asalkan teratur dan kontinyu. 

4. Tidak mudah menyerah atau putus asa.
Ketika menemukan soal yang rumit, tidak boleh menyerah karena setiap soal pastilah ada penyelesaiannya.  

5. Berdoa
Sebaiknya sebelum belajar berdoa terlebih dahulu. Doa adalah keterpasrahan kita kepada Sang Penguasa. Karena Dia-lah yang maha memilki ilmu, jadi mintalah padaNya agar diberikan kemudahan dalam memahami semua pelajaran.

Demikian lah tips belajar matematika dari kakak sebagai seorang guru les privat ke rumah matematika. Kesimpulannya belajar bukanlah untuk mencari nilai atau agar bisa lulus ujian tapi niatkan untuk menambah pengetahuan kita. Dengan belajar matematika, daya nalar otak kita akan terasah dengan baik dan akan memudahkan kita untuk mempelajari ilmu lainnya. Hal ini mengapa anak yang jago matematika disebut anak pintar.

0 komentar:

Posting Komentar

Artikel Populer

Recent Posts

Ping your blog, website, or RSS feed for Free