Cegah DBD Dengan Menjaga Kebersihan

Dinas Kesehatan Provinsi telah berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan kabupaten/Kota untuk melaksanakan pemberantasan Cegah DBD Dengan Menjaga Kebersihan sarang nyamuk (PSN) dan pengasapan (fogging).
“Jadi PSN harus dilaksanakan serentak oleh masyarakat bersama Dinas Kesehatan serta Puskesmas Cegah DBD,” kata dr Irma.

Cegah DBD



Untuk PSN dan fogging di kota Gorontalo menurutnya sudah dimulai saat minggu pertama Januari 2016 di Tomulabutao, Kelurahan Dungingi bekerja sama dengan masyarakat sekitar dan puskesmas Dungingi.
“Lingkungan yang kelihatan bersihpun ataupun tempat yang tidak disangka seperti tempat minum burung peliharaan bisa terdapat jentik nyamuk, intinya dalah lingkungan,” katanya.
DBD adalah penyakit dari lingkungan kurang baik yang dibawa oleh nyamuk-nyamuk, oleh karena itu kebersihan lingkungan butuh kesadaran dari masyarakat.
“Siapa yang dapat menjaga kebersihan lingkungan kalau bukan diri sndiri, jangan menunggu sudah sakit demam berdarah baru kita berobat,” katanya.
Irma juga mengingatkan agar warga kembali melakukan metode 3M plus, yaitu menguras bak mandi, menutup tempat penampungan air atau membuang dan mengubur kaleng-kaleng bekas ataupun barang-barang yang dapat menampung air yang bisa jadi tempat hidup jentik nyamuk.
“Ketika memasuki musim penghujan, kasus Penyakit DBD pasti meningkat, karena telur yang sudah diletakkan oleh nyamuk di tempat-tempat tertentu terisi air dan akhirnya menetas, dan dalam dua hari menjadi nyamuk dewasa dan dapat membawa virus DBD,”katanya. Baca "Hit Obat Nyamuk"
Ia juga mengatakan, pihak Dinas Kesehatan sudah berusaha untuk mensosialisasikan kepada masyarakat mengenai kebersihan lingkungan, namun terkadang masyarakat masih acuh tak acuh dengan lingkungannya sendiri.
Irma kembali menghimbau agar masyarakat selalu menjaga kebersihan lingkungan untuk mencegah penyebaran nyamuk DBD.(anjas)

http://gupfransyah.blogspot.com/2016/03/cegah-penyakit-demam-berdarah.html
http://pasrah-aja.blogspot.com/2016/03/pencegahan-dbd-demam-berdarah.html

0 komentar:

Posting Komentar

Artikel Populer

Recent Posts

Ping your blog, website, or RSS feed for Free